This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 30 Maret 2013

penyakit-penyakit pada ayam dan cara pengobatan

PENYAKIT-PENYAKIT PADA AYAM ADU DAN OBATNYA
AYAM LUMPUH
Ayam lumpuh..tapi sekarang sudah agak mendingan...namun belum normal...jalannya masih gontai..tidak seperti semula, kalau tradisional,pake daun wiyono dan kapur sirih atau daun kemangi+ragi tape,dicampur lalu dilumuri ke kaki Ayam.Kalau obat,pake linucid di apotek ada,umbar lepas Ayamnya,1 biji(pagi&sore). coba digosok dengan minyak tawon yang asli buatan Ujungpandang (yg biasa dijual di toko2 hangatnya kurang meresap.. katanya ulfa) setiap sore sebelum dikandangkan. sekitar 1 minggu akan tampak hasilnya bila penyebabnya karena salah urat. bila di sendi antara kaki dan paha ada seperti luka, coba diolesi minyak tanah pada tempat tersebut, untuk mematikan tungau penyebab kelumpuhan. kasih air godokan serai juga bisa.
SAKIT MATA 
Ayam saya matanya kalau pagi selalu ada tahinya, dan kalau siang sering dipejamkannya,. Coba anda amati mata Ayamnya kemungkinan ada cacing mata wujudnya seperti rambut tetapi warnanya putih agak bening, jika memang ada tetesi dengan tembakau maka cacingnya akan keluar. Jika tidak terdapat cacing coba tetesi dengan air Daun Katuk setiap hari menjelang mau tidur selama tiga hari. Daun katuk di hancurkan dan di peras hingga keluar airnya lalu di teteskan ke mata Ayam, rasanya akan perih. boleh juga pakai air daun sirih.
KOREP
Jika Ayam kesenangan anda terkena bercak putih pada wajahnya itu berarti Ayam anda terkena korep (java). Cara pengobatannya antara lain mandikan dengan air rebus daun sirih kemudian keringkan setelah itu oleskan obat salep kulitpadabagianyangterkenabercakputih. Selama pengobatan jangan di mandikan lagi dan kontrol setiap hari jika terdapat bercak baru oles kembali pada bagian tersebut. Selamat mencoba dan tolong info kembali setelah duaminggu. Jika ada rekan yang ingin memberi masukan silah
obat salep kulitnya untuk korep apa mas ya,korep itu muncul setelah beberapa hari Ayam disabung, untuk mencegah korep tidak muncul apa pencegahannya ya mas, karena korep pada Ayam saya bikin bulu dikepalanya rontok.
Pakailan saleb Albert T atau Nosip, oleskan sehari dua kali, tipis aja, cukup dua hari, seterusnya jangan kena air (jangan dimandikan), hari ke lima, cucilah atau dilap pakai kain yang dibasahi minyak goreng yang dicampur bubuk tetra chlor, Jangan terlalu basah. dalam 5 hari kemudian bulu baru sudah mulai tumbuh. Dalam 10 hari jangan sekali-kali kena air, jago tetap dijemur. Ini Fakta saya, bukan sekedar teory belaka. Ada yang lupa nih, Sebelum diolesi salep, bagian korep bulunya dicabuti semua, agar kulit terbuka kena sinar matahari. Jangan memakai salep kulit yang berbahan mengandung air, seperti canesten, daktarin, mikoral. Karena justru membikin subur korep, karena mengandung air. Pakailan yang berbahan veselin / minyak, seperti Albert, Nosip, 888 dan cap Anak Anjing. Oleskan tipis aja, kalau terlalu tebal kulit kebiru-biruan gosong.
gampang aja masngobati korep... ksh minum obat neujoral/Omegzole dpt dicari di apotik, utk korep yg ringan ckp 1 butir saja, dan utk yg berat dpt diberikan 1 butir per 2 hr sekali, selam masa pengobatan aym jgn dimandikan selamat mencoba mas, jika ada hasil mohon dikabari...Obat Korep : Pake Alber-T. Ampuh, ga bikin lemas krn dioleskan di kulit.
BERAK KAPUR
Ayam Berak Kapur siba di selamatkan dengan memberi anti biotik dan makan buah pisang,tomat, pepaya atau buah-buahan yang banyak mengandung air.
INFLUENSA
Ayam yang mengalami influensa di beri anti biotik dan minumnya di takar.
MATA BERAIR
Ayam yang mengalami mata berair, matanya diberi tetesan daun katuk atau jeruk nipis.
MATANYA ADA CACING
Jika Ayam matanya ada cacing harus di tetesi tembakau matanya sehingga cacing mati.
CACINGAN
Ayam cacingan diberi isi pinang muda yang sudah di bagi 3 lalu di celup di di minyak goreng dingin dan di makankan ke Ayam.
GANGGUAN TEMBOLOK
- Ayam yang mengalami gangguan tembolok jika baru satu malam maka di beri minum yang banyak dengan cara di masukkan air kemulutnya setelah itu di beri tomat.
KELUMPUHAN
Ayam yang mengalami kelumpuhan harus di jemur pagi hari selama 1 jam setiap hari dan lututnya di kompres air hangat sebelum di jemur setiap hari hingga berdiri kembali, air kompresan harus di campur Serai.
PANAS DALAM
-Ayam yang panas dalam di istirahatkan dan air minum di los. selama 2 hari.
SARIAWAN
-Jika Ayam terkena Sariawan harus di beri Vitamin B IPI dan air minum di los.
BULUNYA BERDIRI
Jika Ayam bulunya berdiri dan muka berwarna merah padah segera bawa kedokter hewan atau beri anti biotik 500mg dan air minum di los karena bawaan Ayam yang sudah minim antibiotik dosis tinggi haus.
NGOROK
Salam kenal juga Mas didik, maaf baru buka internet lagi karena sibuk, kalau saya Ayam ngorok dikasih jeruk nipis diperas ke asam gunung diaduk2 terus asam gunung diperas ke mulut Ayam pagi dan sore mudahan sembuh
FLU BURUNG
Jika terkena fluburung segera di musnahkan karena penularannya sangat cepat dan bisa menular pada manusia.
maafjenisrempah-rempahnyaapaaja? Ayam saya matanya berair terus sampai bengkak. tiap hari udah saya kasih obat tetes mata. tapi masi blm sembuh. mohonbantuannya. Itu gejala flu burung mas, cepat isolasi Ayam yang masih sehat dan beri makan pur saja, sedikit saja, agar Ayam banyak gerak. Usahakan jangan beli Ayam dari pasar/tempat yang gak jelas asalnya, sebaiknya beli dari peternak yang dijamin Ayamnya sehat. trims.

1.   Radang usus (Quail enteritis)
Penyebab: bakteri anerobik yang membentuk spora dan menyerang usus, sehingga timbul pearadangan pada usus. Gejala: puyuh tampak lesu, mata tertutup, bulu kelihatan kusam, kotoran berair dan mengandung asam urat. Pengendalian: memperbaiki tata laksana pemeliharaan, serta memisashkan burung puyuh yang sehat dari yang telah terinfeksi.
2.   Tetelo (NCD/New Castle Disease)
Gejala: puyuh sulit bernafas, batuk-batuk, bersin, timbul bunyi ngorok, lesu, mata ngantuk, sayap terkulai, kadang berdarah, tinja encer kehijauan yang spesifik adanya gejala "tortikolis", yaitu kepala memutar-mutar tidak menentu dan lumpuh. Pengendalian: (1) menjaga kebersihan lingkungan dan peralatan yang tercemar virus, binatang vektor penyakit tetelo, Ayam yang mati segera dibakar/dibuang; (2) pisahkan Ayam yang sakit, mencegah tamu masuk areal peternakan tanpa baju steril, serta melakukan vaksinasi NCD.
3.   Berak putih (Pullorum)
Penyebab: Kuman Salmonella pullorum dan merupakan penyakit menular. Gejala: kotoran berwarna putih, nafsu makan hilang, sesak nafas, bulu-bulu mengkerut dan sayap lemah menggantung. Pengendalian: sama dengan pengendalian penyakit tetelo.
4.   Berak darah (Coccidiosis)
Gejala: tinja berdarah dan mencret, nafsu makan kurang, sayap terkulasi, bulu kusam menggigil kedinginan. Pengendalian: (1) menjaga kebersihan lingkungaan, menjaga litter tetap kering; (2) dengan Tetra Chloine Capsule diberikan melalui mulut; Noxal, Trisula Zuco tablet dilarutkan dalam air minum atau sulfaqui moxaline, amprolium.
5.   Cacar Unggas (Fowl Pox)
Penyebab: Poxvirus, menyerang bangsa unggas dari semua umur dan jenis kelamin. Gejala: imbulnya keropeng-keropeng pada kulit yang tidak berbulu, seperti pial, kaki, mulut dan farink yang apabila dilepaskan akan mengeluarkan darah. Pengendalian: vaksin dipteria dan mengisolasi kandang atau puyuh yang terinfeksi.
6.   Quail Bronchitis
Penyebab: Quail bronchitis virus (adenovirus) yang bersifat sangat menular. Gejala: puyuh kelihatan lesu, bulu kusam, gemetar, sulit bernafas, batuk dan bersin, mata dan hidung kadang-kadang mengeluarkan lendir, kadang kepala dan leher agak terpuntir. Pengendalian: pemberian pakan yang bergizi dengan sanitasi yang memadai.
7. Aspergillosis
Penyebab: cendawan, Aspergillus fumigatus. Gejala: Puyuh mengalami gangguan pernafasan, mata terbentuk lapisan putih menyerupai keju, mengantuk, nafsu makan berkurang. Pengendalian: memperbaiki sanitasi kandang dan lingkungan sekitarnya.
8. Cacingan
Penyebab: sanitasi yang buruk. Gejala: puyuh tampak kurus, lesu dan lemah. Pengendalian: menjaga kebersihan kandang dan pemberian pakan yang terjaga kebersihannya.
CARA TRADISIONAL DLM PENGOBATAN AYAM ADUAN 
1.AYAM TEDUN,BUATKAN LUBANG LALU ISI AIR,RENDAM KAKI AYAM TIAP HARI. 
2.AYAM BUBUL,KAKI DIBERSIHKAN DULU/DISIKAT,HABIS ITU DIOLESI KAPUR CAMPUR KUNYIT. 
3.AYAM MANIK,SETIAP MALAM DIKASIH MADU ASLI. 
4.AYAM KURAPAN,OLESKAN BELIRANG ATAU PACE/KUDU. 
5.AYAM KURAP DI KAKI,SIKAT PAKAI MINYAK TANAH,KEMUDIAN OLESKAN KAPUR+KUNYIT. 
6.AYAM LUMPUH,DIBOBOKI DAUN KEMANGI DICAMPUR RAGI TAPE. 
7.AYAM NGEMIL,DIOLESI KUNYIT+KAPUR. 
8.AYAM KENA JALU,BERSIHKAN DGN AIR GARAM ATAU AIR SIRIH HANGAT,VETSIN/MICIN JUGA BISA,ATAU BUBUK ARANG. 
9.AYAM PATUK LEPAS,OLESKAN BLIMBING WULUH,BAWANG PUTIH ATAU MENTEGA. 
10.AYAM NGURAK,SETIAP PAGI MANDIKAN DGN AIR BERAS+BAWANG MERAH. 
11.AYAM TIDAK KUAT NAPAS,SEBELUM TARUNG 3 HARI,DIMAKANKAN TELUR+LAOS YG DIJEMUR. 
12.AYAM BANTAT,MAKANKAN TEMUKUNCI YG DIBAKAR. 
13.AYAM NGOROK,DIKOROKI DGN MINYAK TANAH. 
14.MEMENDEKKAN JALU,PISANG PANAS DITUSUKKAN KE JALU,KIRA2 20 DETIK LALU MULAI DIBENTUK ATAU LILIN MENYALA UTK MEMANASKAN JALU,HINGGA CEMPURINYA MASUK AGAR TDK BERDARAH! 
15.MATA AYAM KEPUKUL,DITETESI AIR LOMBOK ATAU AIR SIRIH. 
16.AYAM MENCRET/KOTORAN GAK KERAS,MALAM DIMINUMKAN AIR KUNYIT.
AYAM NGOROK 
klo Ayam ngorok klo berkokok suaranya jadi kecil!!!tadinya Ayam matanya berair mlu,,dah sembuh matanya koq jadi ngorok!!! mas yento,berarti Ayam anda kepanasan!Dikasih rempah2 atau daging ya?Jangan overdosis,karena Ayam adalah binatang berdarah panas, boleh juga pakai air daun sirih. ini perkembangan Ayam saya yang sakit matanya, sakit belum berkurang sudah dikasih air tembakau dan air sirih dan sekarang hidungnya mimisan, Ayam saya itu sakitmatanya setelah dijajal (tarung) belum sempat sembuh diambil teman saya lagi ditarungkan lagi tambah parah , berarti kena pukul matanya.Tetesi aja dgn air cabe rawit,setelah itu tutup dgn plester dan tempatkan di tempat yg teduh,jgn kena sinar.
AYAM GAK MAU MAKAN 
AYAM SAYA ADA YG MAKANNYA SEDIKIT AJA HINGGA KURUS BADANNYA.SUDAH KUSAHI OBAT CACING,VIT B KOMPLEKS DAN CURMAX,TAPI TETAP SEDIKT MAKANNYA.
Klu di diaknosas - kemungkinan Ayam anda terkena sariawan tandanya ada bercak putih di dalam mulutnya/ tenggorokannya. - Kemungkinan stres - Jika malas makannya di karenakan sehabis tarung kemungkinan Ayam anda mengalami luka dalam. 
Saran saya di beri temu kunci dengan cara di suap seminggu sekali selama satu bulan dan biarkan Ayam sendiri di dalam kandang yang agak luas. Pemberian makan cukup satu kali sehari setiap jam 12 siang dan air minumnya di los. Demikian saran saya semoga bermanfaat. coba pemberian makannya jgn diberikan setiap saat kalau bisa ya sekali saja, mis: pada jam 12 pemberian makan kalau masih ada sisa ( tdk habis ) diangkat saja, mudah2aN nafsu makan Ayam anda akan bertambah kemudian kalau bisa buang cacing cukup dengan pinang muda diberikan pada pagi hari disaaat tembolok Ayam benar2 kosong dan diberikan minum yg agak byk, krn cacing tersebut akan keluar melalui kotoraan aym. kalau utk menggemukkan Ayam cukup diberi mkn jagung yg direndam semalam, dan kuning telur + madu seminggu 3x. dalam masa penyembuhan Ayam asal bisa jgn diberikan latihan, dan diletakkan ditempat yg teduh sampai benar2 bobotnya naik kembali baru latihan dpt dilanjutkan demikian sedikit saran dari saya mudah2an dapat bermanfaat. Thanks Untuk masalah Ayam susah makan, saya ada pengalaman, Pak ..Coba cari daun pepaya yang agak muda lalu ditumbuk, kalo bisa ditambah tempe busuk. Campuran itu diberikan (dilolohkan) ke Ayam ...salam mas Bayu memang nya Ayam mas Bayu makan berapa kali sehari? Ayam saya makannya cuma sore aja klo Ayam di kandang saya rata-rata makan nya kuat semua g ada yg ngemil,nah kadang ada temen nitip Ayam ke saya yg makan nya sangat sedikit.....setelah saya kasih minyak ikan, 2 hari kemudian makan nya sangat lahap sekedar masukan aja nich mas Ayam yg makan nya sedikit mungkin faktor cacingan,klo udah dikasih obat cacing masih tetap dikit makannya....coba mas kasih MINYAK IKAN sesudah makan sore....memang sich minyak ikan untuk membantu pertumbuhan bulu bisa jg untuk merangsang selera makan selamat mencoba
kalau Ayam setelah ditren/diabar/bertarung kenapa ya malas makan, kalau mas Bayu,Yayan, Bensus & rekan lain setelah Ayamnya bertarung dikasih makan apa ya, apakah dikasih makan seperti biasa? Ayam saya sehari2 dikasih beras merah Ayam habis diadu biasanya susah makan, kalau mau itupun sedikit sekali. Itu dikarenakan leher / kerongkongan masih sakit dihajar saat tarung. Itu akan berjalan paling 2 hari, habis itu normal. Selama susah makan biasanya saya suapin nasi + pur, sedikit aja, yang penting terisi makanan. Hari ke tiga sudah normal makan sendiri.
AYAM KUTILAN 
Penyakit seperti kutil di telapak kaki (butul dlm bhs. sunda) Ayam agak pincang, terimakasih Sy juga mau nanya untuk penyakit Kutil yang di Kepala, soalnya bikin Ayam tampak tdk sehat, susah makan dan kadang2 juga dikelopak mata Ayam, mata Ayam jd terus berair dan kadang menutup mata....coba kutilnya dikelupas sampai keluar darahnya lalu dikasih mitialyn blue/obat biru(banyak ditoko2) untuk di daerah mata obat jangan sampai masuk mata ,bisa menyebabkan iritasi ,mata Ayam merah dan berair.setelah beberapa hari biasanya kutil akan kering.mudah2an berhasil koh.
PARUH AYAM COPOT PADA SAAT NGADU 
Biar paruh Ayam cepat kering dan nyambung kembali? pengalaman dulu2 memang lama banget untuk menanti paruhnya kembali normal. Klu pengalaman saya biasanya di kompres air hangat pagi dan sore hari, setiap selesai kompres di olesi bawah putih yang sudah di hancurkan. Yayan Seaman
Oleskan aja minyak kuku kuda, itu bisa mempercepat pertumbuhan paruh Ayam juga kok. Kalo paruh copot jangan sampai di buang, tempelkan kembali sama putihnya telur, trus dihendiplas samping kiri-kanan satu malem, pagi dilihat kalo masi melekat biarin, soalnya kalo siang di tempilin , biasanya Ayam kan kipu atau kakinya garuk2 jadi bisa nglepasin paruh yang di tempel ,sampai kering. Pakai tensoplas yang untuk mbalut perban luka itu loo. kira dah kering tensoplas di lepas pelan2 terus diolesin bawang puih yang udah dilembut kan. itu pengalamn saya, Tapi harus hati2 supaya gak lepas .
SANG JAGOAN YG REWEL 
kadang2 kita menemui Ayam aduan yg mempunyai kualitas baik dgn stamina yg tdk konsisten,botoh2 memberikan istilah JAGO REWEL,untuk jenis Ayam yg mempunyai kondisi naik turun.Sehingga dlm masa latihan tdk pernah mengalami kemajuan yg konsisten akibatnya kita tdk berani menurunkan ke kalangan.
Beberapa penyebab Ayam jadi rewel yaitu:
1.Ayam cacingan. 2.kemampuan metabolisme yg kurang baik. 3.over training 4.luka dalam akibat pukulan Ayam lain. Ayam akan makan jika kadar gula darah menurun dan pada Ayam rewel ini mungkin kemampuan menyimpan gula dalam bentuk glikogen dlm otot tdk baik sehingga Ayam kekurangan gizi.Ada kemungkinan kedua yaitu selera makan Ayam kurang baik hingga Ayam tdk mkn sesuai dgn kebutuhan tubuh. Untuk mengatasi ini,anda dapat memberikan campuran makanan 25% Par G dgn gabah/beras merah 75%.Air minum harus tetap tersedia.
Plus Minus penggunaan obat2an dan vitamin pada Ayam aduan 
Agar Ayam tetap dlm kondisi sehat,pemberian vitamin secara teratur sangat dianjurkan.Vitamin bisa dicampur dgn air minum atau sesudah makan.Dosisnya tidak perlu berlebihan.Lebih baik sedikit,tetapi teratur karena pemakaian obat dlm jangka waktu lama dgn dosis yg terlalu banyak akan mengganggu pencernaan dan menimbulkan ketergantungan.Maka akan berpengaruh buruk pada mental maupun fisik Ayam. Ditandai dgn kerontokan bulu halus,nafsu makan berkurang dan Ayam cenderung liar.Efek lain adalah berat tubuh berangsur-angsur turun dan demam ringan.Akibatnya nafsu tarung turun. Maka lebih baik jika memberikan bahan-bahan alami saja,seperti empon-emponan.Selain sebagai antibiotik,dapat mengoptimalkan kemampuan sel tubuh Ayam.
BUBUL
Klu Ayam saya bubul biasanya saya kurung dan lantai dasarnya terbuat dari semen yang sudah licin mengkilat, lantai tersebut di basahi
pagi, siang dan sore. Pada saat Ayam mau tidur kaki yang bubul di bersihkan lagi dengan Obat Kompres "RIVANOL". Biasanya dalam tiga minggu bubul sudah hilang jika di lakukan terus menerus. Semoga berhasil. Selamat mencoba.
Klu saya blh kasih saran, untuk mengobati ayam bubul :
1. Cuci kaki ayam dengan air sampe bersih 2. Bersihkan bubul dengan Alkohol 3. Tempel obat bubul / plaster bubul / obat racikan yg di kemas ky handiplas selama 3 hari jgn dilepas. Selama 2 minggu bubul akan lepas, sampe akar2 nya, saya sdh mencoba berulang ulang2
Belikan aja plester kapalen di toko obat cina pasti ada. sebungkus isi 6. kalo bisa setelah ditempel, jangan dibuka sampek 1 minggu, trus nanti bubulnya bisa rontok, dikasih lagi, rontok lagi. nanti kalo sembuh ya agak bolong gitu, tapi gak papa karena bubulnya sdh mati, cukup diberi betadina aja. ati2 jgn sampe diklintek karena kalo luka tapi sulit lagi mulai dari nol. kalo bisa sampe tuntas.tas.tas dan tas (katae marissa haque).

Ayam Jago Tarung Berkelas

Mencetak Ayam Aduan Unggul

Apakah ayam aduanunggul bisa dicetak sendiri?

memiliki ayam aduan yang tangguh dombaan semua para pecandu/pehobi ayam aduan.memiliki ayam aduan yang selalu menang di gelanggang merupakan suatu kepuasan batin tersendiri bagi pemiliknya. selain itu, ayam yang sering menang harganya akan berlipat ganda. bagi para pecandu ayam aduan harga tidakjadi masalah bila sudah merasa ayam tersebut sudah di anggap sangat tangguh. apalagi ayam aduan tangguh bisa dicetak dengan cara merawat dan melatih sendiri. hanya saja membutuhkan kesabaran, keseriusan dan ketelatenan sendiri.

Bagaimana menciptakan ayam aduan yang tangguh dan unggul?

Banyak cara untuk menciptakan ayam aduan yang tangguh, seperti melakukan rutinitas harian. rutinitas harian meliputi olah raga rutin atau melatih ayam setiap pagi. hal yang paling penting sebelum melatih ayam aduan yaitu menjinakkannya. yaitu dengan melakukan perlakuan yang istimewa seperti membelai, memberi makan ditangan, dan memberi nama untuk calon ayam aduan agar menambah hubungan kedekatan emosional.

Cara laithan seperti apakah untuk melatih ayam ?

untuk mendapatkan ayam aduan yang handal sebaiknya ayam harus dilatih mulai dari umur 8 bulan. pada umur 8 bulan ayam sudah memenuhi syarat fisik, baik tenaga,napas maupun mentalnya. sebaiknya ayam dilatih selama 3-7 bulan agar ayam terampil dan lincah di arena pertarungan. melatih ayam dapat dilakukan dengan melatih sayap, otot paha, kekuatan kaki, pernapasan dan latihan untuk menjaga ayam tetap fit.

Bagaimana cara melatih sayap ayam agar kuat?

Melatih sayap dapat dilakukan dengan mengangkat sayap sebelah kiri dan kanan sebanya 20-30kali untuk ayam yang berumur 8-10 bulan, sekurang-kurangnya 40-100 kali untuk ayam yang berumur 11 keatas.latihan ini berguna untuk membentuk otot-otot sayap dan membuat tubuh ayam lebih atletis.

Bagaimana cara melatih otot paha ayam supaya kuat?

Untuk melatih paha ayam bisa dengan cara mendorong tubuh ayam kedepan. latihan ini untuk membuat otot paha dan untuk mendapatkan kuda-kuda ayam yang kokoh. latihan ini dapat dilakukan setiap pagi sesuai dengan umur dan keadaan ayam.

 Latihan apakah yang dilakukan supaya otot kaki ayam bisa kuat dan mempunyai napas yang panjang?

untuk melatih otot kaki cukup dengan mengangkat ekor ayam dan membiarkan kaki ayam menyentuh lantai sedikit demi sedikit sesui dengan umur ayam.

Supaya ayam tetap fit dalam bertarung latihan apakah yang harus dilakukan ?

Untuk hal ini ayam harus dilatih berlari, baik itu secara tradisional maupun secara modern. cara tradisional bisa dilakukan dengan memberi pemberat baik berupa batu kecil atau besi yang dibalut dengan kaus. kemudian biarkan ayam aduan tersebut berlari mengejar indukan/ ayam betina yang sudah terlebih dahulu di siapkan. cara modern yaitu dengan menggunakan mesin seperti layaknya manusia jogging.

Makanan apa saja yang baik diberikan pada ayam aduan?

Voer/pellet dicampur dengan gabah, beras merah, sekali2 dicampur madu dan telor, dan berikan juga suplemen seperti jamu untuk menambah vitalitas ayam. ayam harus dijemur setiap hari agar tidak kebanyakan kandungan lemak dan air dalam tubuh ayam aduan tersebut.

Sebaiknya dalam membibit ayam aduan jangan dicampur adukkan dengan ayam lajang karena akan merusak mental ayam yang lebih muda.

jeliteng Vs Krisna

ayam blora indah

Ayam Jago Tarung Kelas

Cara Melatih Ayam

POLA PERTARUNGAN
Di antara binatang lain, ayam memiliki keunikan dalam pertarungan. Dua ekor ayam yang berhadapan, tidak serta merta berkelahi begitu saja. Ada tiga tahap dalam pertarungan ayam, yaitu: tahap penjajagan (abar), tahap pertarungan, dan tahap penyelesaian.
Tahap Penjajagan (Abar)
Pertama kali berhadapan, dua ekor ayam yang bertarung akan melakukan tahap penjajagan. Pada tahap ini dua ayam akan saling menyerang tapi sama-sama menjaga jarak. Pertarungapun lebih sering terjadi di udara yaitu dua ayam sama-sama melompat kemudian melepaskan pukulan ke depan, sehingga sering terjadi benturan dengan kaki lawan. Tahap ini digunakan oleh ayam untuk saling mengukur tenaga dan kecepatan lawan. Lama tahap penjajagan ini bervariasi, jika sudah merasa cukup maka seperti sepakat dua ayam yang bertarung akan mengubah ke pertarungan yang sesungguhnya.
Tahap Pertarungan
Pada tahap ini, dua ekor ayam akan bertarung pada jarak dekat dengan berusaha saling membelit atau menumpangkan leher di atas leher lawan. Teknik tarung ayam baru akan kelihatan pada tahap ini. Dua ayam akan saling menyerang dengan pola tarung masing-masing, saling tukar pukulan dan jarang sekali terjadi adu kaki seperti tahap abar. Tahap ini adalah pertarungan yang sesungguhnya dan bisa berlangsung lama jika kedua ayam berimbang.
Tahap Penyelesaian
Pada saat kedua fisik ayam sudah sama-sama melemah, maka pertarungan akan berlangsung lebih lambat dan terlihat kedua ayam mencoba memukul secara efisien. Yang terlihat adalah dua ayam saling menumpangkan leher dengan gerakan lambat sambil bergerak memutar ke kiri dan kanan. Jika kedua ayam bertarung secara berimbang pada babak sebelumnya, maka pada tahap inilah betul-betul teruji seorang ayam petarung yang sempurna. Pada tahap ini secara umum akan menjadi penentu siapa yang lebih kuat. Seekor ayam petarung yang baik biasanya memiliki simpanan pukulan mematikan pada tahap ini. Namun ada juga ayam yang menguasai pertarungan tapi tidak memiliki pukulan mematikan. Bisa terjadi meskipun lawan sudah tidak mampu membalas, namun karena tidak punya pukulan mematikan pertarungan berakhir dengan draw.
Tiga tahap tersebut adalah tahap normal. Jika ayam memiliki ‘killing punch’ yang baik, dengan taji maupun pukul, pertarungan bisa berakhir pada tahap mana saja.
Pada ayam betina, tahap abar tidak ada. Begitu mereka berhadapan maka mereka langsung bertarung dengan tempo cepat.
BAJU-BAJU SANG JAWARA
Salah satu bagian menarik dari penampilan ayam aduan adalah warna bulunya. Warna bulu ayam jago begitu beragam. Ada beberapa penghobi yang justru suka mengoleksi berbagai warna tapi ada juga yang fanatik pada warna-warna tertentu.
Berikut adalah beberapa nama ayam berdasarkan corak dan warna bulunya:
WIRING
Bulu ayam bangkok jantan yang paling populer dan berkelas adalah warna wiring. Corak warna ini adalah terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan. Jika warna rawis yang dominan adalah kuning keemasan, maka disebut sebagai WIRING KUNING. Jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan disebut WIRING GALIH.
WANGKAS
Berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam wangkas memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu kuning kemerahan. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut WANGKAS EMAS dan jika warna lebih gelap kemerahan disebut dengan WANGKAS GENI.
KLAWU
Warna klawu memiliki warna dasar abu-abu. Jika rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan KLAWU KETHEK dan jika rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut KLAWU GENI.
BLOROK
Warna blorok adalah kondisi ketika bulu ayam berwarna totol-totol dan merupakan kumpulan dari berbagai warna. Warnak blorok yang sederhana biasanya hanya terdiri dari warna dasar putih bertotol hitam dengan rawis berwarna merah. Namun warna blorok akan dianggap istimewa jika kombinasi warna dasarnya lengkap, yaitu putih, hitam, merah dan hijau dengan rawis putih kemerahan. Warna ini disebut dengan BLOROK MADU.
JRAGEM
Warna ini adalah warna hitam, berikut rawisnya. Jika kulit tubuh, paruh, mata serta sisiknya hitam semua, disebut warna CEMANI. Untuk ayam bangkok jarang yang memiliki warna ini. Warna ini biasanya terjadi bila ada garis keturunan yang bersilangan dengan ayam kampung jenis Cemani.
JALI
Warna jali adalah warna blirik yang merupakan campuran beberapa warna tapi dalam noktah atau garis-garis kecil. Ini berbeda dengan blorok yang cenderung berpola totol. Jarang ayam bangkok yang berwarna jali. Ada orang tertentu yang sangat memburu bangkok asli dengan warna ini karena kelangkaannya dan berkesan eksotis.
PUTIH
Ayam bangkok dianggap berbulu PUTIH SETA bila ayam bangkok berbulu putih semua baik warna dasar maupun waris. Beberapa ayam jenis ini ada juga yang memiliki rawis warna lain tetapi warna dasarnya adalah putih.
Warna-warna ayam di atas adalah warna-warna utama. Dalam persilangan lebih lanjut bisa saja masing-masing warna memiliki varian yang beragam. Sebagian pengadu menganggap warna sebagai standar kualitas. Warna WIRING dan WANGKAS adalah warna paling berkelas dibanding warna-warna lain.
MENGATASI AYAM LERES (JATUH MENTAL)
Ayam leres (jatuh mental) adalah salah satu masalah besar bagi para pemilik ayam aduan. Leres atau jatuh mental adalah suatu kondisi ketika ayam menjadi tidak percaya diri dan tidak memiliki keberanian bertarung. Jika beranipun biasanya akan segera lari begitu merasakan sakit. Ayam leres bisa karena beberapa kondisi: (1) trauma kekalahan, (2) shock karena takut atau kaget, dan (3) keturunan (genetik)
Trauma kekalahan
Ayam jago yang pernah kalah, apalagi kalah telak, bisa mengalami kondisi leres atau jatuh mental. Karena rasa sakit yang diderita, ayam akan merasa takut berkelahi dan tidak memiliki hati atau keberanian terhadap ayam lain.
Shock karena takut atau kaget
Ayam jago juga bisa mengalami leres karena takut atau kaget. Leres karena takut bisa terjadi jika ayam mengalami kejadian dikejar binatang yang lebih besar, misal anjing. Sedang leres karena kaget biasanya terjadi karena kejadian yang begitu tiba-tiba dan mengagetkan misalnya kejatuhan dahan pohon atau ada kendaraan yang hampir menabraknya. Jika kejadian tersebut memang amat menakutkan atau mengagetkan bagi si ayam, akan dapat membuat hati ayam menjadi kecil dan tidak memiliki keberanian bertarung.
Keturunan (genetik)
Leres bisa juga karena keturunan. Ada ayam-ayam tertentu yang memiliki kecenderungan hati yang lemah. Ayam-ayam seperti ini, meskipun memiliki teknik tarung dan postur yang baik, biasanya bernyali kecil dan begitu merasa sakit atau terkena pukulan keras akan lari.
Menyembuhkan ayam leres bukanlah pekerjaan mudah. Perlu waktu lama dan kesabaran dalam proses. Kegagalan dalam penanganan akan membuat proses harus dimulai dari awal atau malah kehilangan peluang sama sekali.
Berikut adalah kiat-kiat untuk menyembuhkan ayam leres:
Fase 1, biarkan ayam jago yang leres berkumpul dengan ayam-ayam betina saja. Bisa juga kalau dicampur dengan ayam-ayam yang masih kecil, yang tidak mungkin memiliki keberanian berkelahi dengan si pasien. Lakukan ini antara 2 minggu sampai satu bulan, atau sampai anda yakin ayam tersebut mulai memiliki kepercayaan diri. Selama proses ini jangan sampai ada jago lain (meskipun lebih lemah) yang masuk ke wilayahnya. Yang perlu diperhatikan, area penyembuhan ini juga benar-benar bebas dari intimidasi ayam jago lain, misal masih ada ayam jago lain yang terlihat oleh ayam jago yang leres meskipun areanya dibatasi. Bahkan meskipun tidak bisa melihat tapi suara kokok yang terlalu keras karena tempat yang berdekatan, bisa membuat penyembuhan mentalnya berjalan lambat.
Fase 2, setelah melewati fase 1 dengan baik, tahap berikutnya adalah dengan memasukkan ayam-ayam lancur yang mulai berani kokok tapi belum memiliki keberanian bertarung. Keberadaan ayam-ayam lancur yang secara fisik sudah besar tapi tidak berani berkelahi ini, akan membuat ayam leres menjadi lebih percaya diri. Ia akan cenderung mengejar dan mengintimidasi ayam-ayam muda tersebut.
Fase 3, adalah fase uji coba mental. Setelah anda yakin fase 2 terlampaui dengan baik, anda bisa mencoba mengadu ayam tersebut dengan ayam lain yang sudah pasti kalah. Bisa ayam yang lebih muda dan lemah atau ayam kampung yang fisiknya lebih lemah. Kemenangan terhadap ayam-ayam musuhnya tersebut sangat mempengaruhi kepercayaan dirinya. Lakukan berulang kali dengan ayam-ayam lain yang lebih lemah sampai benar-benar kepercayaan dirinya pulih.
Jika fase 3 ini sudah dilakukan dengan baik, maka yang anda perlu lakukan tinggal menyiapkan fisiknya secara baik untuk pertarungan yang sesungguhnya.
Banyak orang yang berpendapat bahwa ayam leres tidak dapat diambil keturunannya lagi karena rasa penakutnya akan turun ke anak-anaknya kelak. Pendapatnya ini nampaknya tidak benar. Ayam leres dapat saja diambil keturunannya, kecuali ayam leres yang memang karena garis keturunan.
BADAN BANTAT
Setiap pelatih selalu menginginkan ayam aduannya memiliki tubuh yang prima. Badan yang tahan pukul, pukulan yang keras, lompatan yang tinggi dan keunggulan fisik lainnya. Untuk itu mereka berupaya melatih ayamnya dengan berbagai metode seperti renang, jalan jongkok, jantur, diputar (mengelilingi ayam lain dalam kurungan) dan metode lainnya.
Seringkali karena porsi latihan yang terlalu berat, otot ayam terbentuk sedemikian rupa mirip seorang binaraga. Ayam yang terlalu berotot ini memang akan tahan pukul karena tebalnya otot yang dimiliki terutama otot dada dan paha. Namun kondisi ini juga dibarengi dengan menurunnya kelincahan ayam. Ayam menjadi kaku, susah bergerak dan jarang mampu melompat. Dalam pertarungan yang berimbang kekuatan, ayam bantat akan menjadi terlalu pasif, tidak produktif dan lebih cepat lelah.
Cara yang paling efektif untuk mengatasi badan ayam yang bantat adalah dengan berkipu, atau mandi dengan pasir atau tanah halus. Ayampun secara alami akan senang melakukannya. Anda tinggal menyediakan tempat untuk itu, sejengkal tanah yang diberi pasir atau tanah lembut (debu). Selain itu beri kesempatan ayam untuk bergerak secara bebas pada ruang yang cukup dan sediakan tempat bertengger agar sering melompat.
LEHER PERKASA
Leher ayam bangkok yang ideal adalah yang memenuhi kriteria antara lain lentur agar mudah menghindar, kokoh untuk menahan pukulan dan liat sehingga efektif untuk mengunci.
Banyak cara untuk melatih leher ayam, salah satunya dengan rajin mengurut. Selain itu, ketika ayam memasuki masa uji coba tarung (abar), maka setiap pukulan yang diterima leher secara alami akan membuat otot leher terbentuk.
Ukuran leher ayam harus proporsional, tidak terlalu panjang dan terlalu pendek. Leher yang terlalu panjang, akan membuat sulit menghindar dari pukulan lawan. Sebaliknya leher yang terlalu pendek, akan membuat sulit untuk mengunci (ngalung) lawan.
Yang terpenting lagi, selain memiliki otot leher yang baik, ruas tulang leher juga harus rapat. Ini sangat penting untuk menawan pukulan ke leher. Banyak kasus ayam KO adalah karena pukulan ke arah leher yang membuat ruas tulang terbuka sehingga syaraf yang ada di leher terganggu sekaligus cedera tulang leher.
BADAN BOTOL DAN BADAN BRONGGAL
Ayam bangkok jika dilihat dari depan maupun dari samping memang memiliki penampilan paling gagah dibanding ayam ras lain. Secara umum badannya terlihat tegap, dengan dada yang membusung dan otot paha yang kokoh.
Tetapi memilih bentuk badan yang ideal, tidaklah cukup dengan hanya mengamati penampilannya. Mau tidak mau, badan ayam harus kita pegang untuk mengetahui secara persis bagaimana bentuk badannya. Cara memegangnya adalah dengan meletakkan tangan di samping kiri dan kanan badan ayam, kedua jempol bersentuhan di punggung dan dua jari tengah saling bertemu di dada tepat pada pangkal paha bagian depan. Bentuk ayam yang ideal adalah bulat memanjang seperti botol dengan bagian dada yang melebar. Bentuk bulat seperti botol ini tidak tergantung dari ukuran ayam. Baik ayam berpostur kecil maupun besar, tetap pegangannya akan terasa enak. Ayam yang pegangannya enak, biasanya akan memiliki teknik bertarung yang baik dan gerakan yang bagus.
Dalam kasus tertentu, ada juga bentuk badan ayam yang menonjol pada tulang dada bawah sehingga pegangannya jadi mengganjal dan tidak nyaman. Ayam ini disebut dengan ayam bronggal. Sebenarnya teknik tarung ayam bronggal tidak selalu jelek, dalam beberapa kasus malah punya kecenderungan pukulan yang keras dan tahan pukul. Tetapi ayam bronggal jelas memiliki kerugian dalam hal gandeng. Karena pegangannya yang besar, seringkali harus menghadapi lawan yang ukurannya di atasnya tetapi jatuhnya pegangan sama. Selain itu bentuk badan bronggal juga membuat ayam relatif kalah gesit.
Badan bronggal adalah faktor genetik. Cara untuk menghindarinya adalah dengan mengawinkan jago bronggal yang memiliki teknik tarung berkualitas dengan babon yang berbadan botol sempurna dan ramping. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat tenggeran untuk tidur bagi anak-anak ayam yang sejak kecil sudah bisa diidentifikasi akan berbadan bronggal. Cara tidur yang bertengger akan membuat tulang dada bawah bersentuhan dengan tenggeran yang akan membuatnya tidak terlalu berkembang menonjol.
AYAM PUKUL DAN AYAM TAJI
Taji atau jalu adalah senjata ayam yang cukup menentukan. Taji yang baik harus memiliki struktur lapisan yang kuat, besarnya proporsional dengan kaki, dan posisi terbaik adalah dekat dan searah jari kaki belakang ayam.
Ayam bangkok ada juga yang tidak memiliki taji, hanya berupa tonjolan ruas taji yang keras yang besarnya bisa beragam. Ayam yang tidak memiliki taji ini disebut dengan ayam keplek.
Berdasarkan taji yang dimiliki serta gaya bertarungnya, dikenal ada dua kelompok yaitu ayam pukul dan ayam taji. Umumnya semua ayam keplek adalah ayam pukul dan semua ayam bertaji adalah ayam taji. Tetapi dalam pengamatan lebih serius, sebenarnya ini juga berpengaruh pada gaya bertarung dan postur badan yang ideal.
Ayam pukul umumnya memiliki pukulan mematikan, keras dan jitu pada bagian kepala, leher, dan bahu lawan. Ayam pukul biasanya akan menyerang dengan pukulan yang efektif. Postur ayam pukul haruslah kekar, tulang kuat dengan otot-otot yang besar agar menghasilkan pukulan yang keras. Karena itu, pola makan juga lebih mengarah pada pembentukan tubuh yang kekar. Jagung adalah menu murah dan baik untuk ayam pukul. Sesekali bisa dikombinasikan dengan beras merah.
Ayam taji umumnya memiliki pukulan yang produktif. Pukulan tak selalu harus pada bagian mematikan tetapi harus sesering mungkin memukul. Pukulan dengan taji yang tajam, selalu memiliki efek serius meskipun tidak pada bagian yang mematikan. Postur ideal ayam taji adalah ramping dan padat, dengan dukungan bulu sayap yang sempurna agar mampu bergerak gesit dan cepat dalam melontarkan pukulan. Ayam taji sebaiknya menghindari benturan fisik, dan yang terbaik adalah menjaga jarak sambil terus menyerang dengan taji. Menu makan untuk ayam taji sebaiknya yang tidak akan membuat gemuk dan kekar, tetapi lebih mengarah pada pembentukan badan yang ramping padat dan ringan. Gabah (padi) adalah menu utama yang ideal bagi ayam taji.
Ayam pukul biasanya memiliki kesiapan lebih dini dibanding ayam taji. Pada umur 12 bulan, ayam pukul sudah bisa dijadikan petarung, tetapi untuk ayam taji, idealnya 18 bulan untuk menunggu agar tajinya benar-benar sudah mencapai pertumbuhan ideal. Banyak juga pelatih ayam taji yang baru menarungkan ayamnya setelah prosesbluru yang pertama.
BABON UNGGUL DAN BABON CETAK
Bagi penghobi breeding ayam bangkok, memahami cara memilih indukan yang baik adalah wajib. Seekor babon, adalah mesin utama dalam sebuah peternakan, dan khusus untuk urusan breeding, sering berperan lebih ‘penting’ daripada jago.
Memilih babon yang baik adalah tidak mudah, dan lebih sulit daripada memilih jago yang baik. Seekor jago bisa dipilih dengan melihat cara bertarungnya menghadapi berbagai tipe lawan, tetapi seekor babon yang baik tidak cukup demikian.
Dalam perindukan ayam, dikenal dua jenis babon istimewa yaitubabon unggul dan babon cetak.
Babon unggul adalah babon pilihan, memiliki silsilah perindukan yang baik, struktur tulang yang bagus, bentuk badan ideal (seperti botol) dan menunjukkan teknik bertarung yang baik. Babon ini juga harus memiliki sifat dominan pada keturunan, sehingga anak-anak yang dihasikan cenderung akan mewarisi kelebihan induknya. Bahkan ketika dikawinkan dengan jago yang kurang baguspun, anak yang dihasilkan akan cenderung ikut induk dan lebih bagus dari bapaknya. Babon unggul biasanya berasal dari galur murni.
Babon cetak adalah babon yang punya kecenderungan resesif dalam keturunan. Anak yang dihasilkan akan cenderung mirip atau fotocopy dengan bapaknya. Seekor babon cetak yang baik, harus menghasilkan anak yang jelek ketika jagonya jelek. Sebaliknya harus menghasilkan anak bagus ketika jagonya bagus. Jika babon cetak dikawinkan dengan jago jelek dan anaknya bagus, maka ia gugur dalam kriteria babon cetak dan harganya turun.
Babon cetak bisa cetak fisik, cetak teknik, atau cetak semuanya. Untuk uji cetak fisik, adalah dengan mengawinkan berbeda bulu atau bentuk jengger yang beda. Seekor babon cetak berwarna hitam harus menghasilkan anak berwarna putih ketika jagonya putih. Jika dikawinkan dengan ayam katai, maka anaknyapun harus kecil-kecil. Untuk uji cetak teknik, harus dikawinkan dengan jago berteknik jelek, lalu dengan jago berteknik bagus. Seekor babon yang cetak sempurna, harganya bisa amat mahal dan tidak realistis. Babon cetak bisa berasal dari galur murni (BK) maupun campuran (F1 maupun F2) atau turunan yang sudah jauh.
JURUS-JURUS BERTARUNG
Ayam petarung, terutama ayam bangkok memiliki ragam teknik bertarung yang bervariasi. Seorang pelatih tidak bisa mengubah teknik bertarung ayamnya. Yang bisa dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh, memperpanjang nafas dan mengeraskan pukulan.
Beberapa ragam teknik bertarung antara lain:
KONTROL
Teknik ini adalah teknik bertarung yang paling polos. Ayam cenderung tidak berusaha mencari peluang alternatif untuk memukul lawan, tetapi hanya berusaha agar posisi kepala tegak dan ada di atas kepala lawan, mematuk lalu melepaskan pukulan. Keunggulan teknik ini adalah lebih hemat dalam energi sehingga nafas bisa bertahan lebih lama.
SOLAH
Teknik ini adalah yang paling liar dan paling memakan energi. Ayam bertipe solah akan terus bergerak dengan amat bervariasi. Dia seolah hendak melakukan satu teknik ngalung, tapi tidak bersungguh dan lama, segera mengubah gerakan dari kiri ke kanan dan sebaliknya lalu segera disusul dengan gerakan atau percobaan pukulan lain. Ayam solah biasanya amat memukau, tetapi teknik ini amat menguras energi dan umumnya ayam solah kurang memiliki ketahanan badan.
PRANGGAL
Teknik ini adalah memukul tanpa mematuk lawan. Teknik pranggal memiliki kelebihan dibanding dengan teknik lain karena pukulan bisa dilepaskan dengan seketika tanpa perlu sebuah ‘pegangan’ seperti teknik lain. Dalam teknik lainnya, ayam harus mematuk, menggigit lalu memukul dengan kedua kaki.
MULAR
Ini adalah teknik tarung dengan lari dan jaga jarak. Ayam berteknik mular akan menjauh dari lawannya ketika terdesak atau sulit memukul. Ketika lawannya mengejar di belakang, secara tiba-tiba ia bisa berbalik dan melepaskan pukulan ketika lawannya belum siap. Ayam mular umumnya memiliki pergerakan kaki yang baik serta nafas yang tahan lama.
NGALUNG
Teknik ini adalah merengkuh leher lawan dan menguncinya, seolah ‘mengalungi’. Dengan teknik ini maka lawan akan kesulitan memukul, mati langkah dan selanjutnya bisa dipukul tanpa mampu menghindar. Ayam ngalung umumnya memiliki urat leher yang bagus serta struktur tulang leher yang rapat. Tanpa memukulpun ayam ngalung bisa membuat lawan frustasi.
NGGANDUL
Teknik ini mirip dengan ngalung tetapi gerakan leher lebih menumpang dibanding merengkuh sehingga lawan juga akan menanggung beban karena ‘ditumpangi’.
NYAYAP
Teknik ini adalah kepala masuk ke sayap lawan, keluar dari ketiak dan setelah posisi memungkinkan akan melepaskan pukulan ke arah kepala. Efek teknik nyayap, selain pukulan ke kepala, juga akan menyakiti bahu dan sayap lawan karena dipaksa untuk renggang dari badan.
DONGKRAK
Teknik ini dilakukan dengan masuk di antara kaki lawan, ambil nafas dan mencari posisi, lalu dengan sekuat tenaga berusaha muncul dari arah ekor lawan sehingga badan lawan akan terangkat (didongkrak). Ketika lawan sedang berusaha menguasai keseimbangan, maka lawan dapat dipukul pada berbagai sasaran dari arah belakang.
DOBRAK
Teknik ini agak langka, ayam biasanya akan masuk di antara dua kaki lawan lalu mematuk paha dan memukul badan bagian bawah. Serangan ini sulit diantisipasi dan biasanya lawan akan kesakitan dan sulit membalas karena posisi musuh selalu di bawah.
Pada beberapa daerah nama-nama teknik ini bisa berbeda-beda. Secara umum, seekor ayam petarung akan memiliki salah satu teknik dominan sejak lahir. Satu atau dua teknik yang lain mungkin untuk dimiliki sebagai kelebihan tapi sangat mustahil bagi seekor ayam untuk memiliki semua teknik bertarung.
PERTARUNGAN ANTAR JAWARA
Bagaimana jika ayam bangkok, ayam vietnam dan ayam philipine saling diadu, mana yang akan menang? Berikut adalah kemungkinan yang bisa terjadi.
Ayam Bangkok vs Ayam Vietnam.
Ayam bangkok sudah pasti unggul dalam hal teknik bertarung. Ayam vietnam, dalam beberapa kasus, dapat memiliki kelebihan dalam kerasnya pukulan dan ketahanan menerima pukulan. Secara umum, ayam bangkok memiliki peluang lebih besar untuk menang, terutama untuk tipe solah, pranggal dan mular. Tetapi jika ayam bangkoknya bertipe kontrol maka kemungkinan ayam vietnam dapat memenangkan pertarungan karena akan sering terjadi jual beli pukulan.
Ayam Bangkok vs Ayam Philipine.
Ayam bangkok sudah pasti unggul dalam ketahanan badan, postur dan teknik bertarung. Sedangkan ayam philipine unggul dalam hal kecepatan dan kegesitan bergerak, dan memiliki kelebihan dalam pergerakan di udara. Jika ayam bangkok berhasil memukul ayam philipine, di bagian manapun baik kepala maupun badan, baik bertaji maupun tidak, akan berpengaruh berat pada ayam philipine. Bisa saja sekali pukul ayam philipine langsung KO. Satu-satunya peluang ayam philipine adalah memukul dengan taji pada bagian mematikan (mata, syaraf di kepala, dan ruas leher). Pukulan taji di badan ayam bangkok tak akan langsung berpengaruh. Jika taji ayam philipine tidak tajam, maka pukulan ayam philipine nyaris tak berpengaruh pada ayam bangkok. Ayam bangkok juga bukan sasaran empuk bagi serangan cepat ayam philipine, karena umumnya ayam bangkok memiliki teknik menghindar yang baik.
Ayam Philipine vs Ayam Vietnam
Ayam philipine memiliki kelebihan dalam kecepatan gerak dan pertarungan udara, ayam vietnam memiliki kelebihan dalam kekerasan pukulan dan ketahanan badan. Ini pertarungan yang memiliki peluang sama untuk menang, tapi sebenarnya kurang menarik untuk dilihat. Jika ayam philipine bisa dengan cepat mengambil peluang, maka ayam vietnam adalah sasaran yang empuk untuk tajinya karena umumnya ayam vietnam lebih mengandalkan ketahanan dibanding kemampuan menghindar. Sebaliknya, jika sekali saja ayam vietnam mampu memukul kepala ayam philipine, maka bisa langsung KO. Pukulan di badan maupun sayap juga bisa membuat ayam philipine lemas. Jadi ini adalah soal siapa yang berhasil memukul duluan.

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN TUBUH AYAM


Kamis, 28 Maret 2013

cara ternak ayam bangkok

Cara Ternak Ayam Bangkok
Mengawinkan induk bukanlah pekerjaan yang sulit, terutama bagi peternak yang sudah berpengalaman. Hal yang sulit adalah mencari bakal Pejantan dan Indukan yang berkualitas tinggi. Mengawinkan induk bisa dilakukan di kandang umbaran atau dengan sistem kawin tembak (doddogan). Caranya induk betina dipegangi, lalu induk jantan akan mengawini si betina. Cara ini terkenal paling efektif dan cepat menghasilkan keturunan. Induk jantan yang baik biasanya tidak terlalu sulit dikawinkan dengan cara dogdogan. Jika induk jantan tidak mau mengawini induk betina dengan cara dogdogan, sebaiknya induk jantan dan induk betina dikawinkan di dalam kandang umbaran.
Satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina. Perkawinan juga bisa dilakukan secara inseminasi buatan, tetapi cara ini jarang dilakukan karena cara perkawinan alamiah terhitung cukup gampang dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membeli peralatan inseminasi.

Induk yang telah dikawinkan akan bertelur seminggu setelah dikawinkan. Induk betina ayam bangkok bertelur terbatas, tidak lebih dari 20 butir setiap periodenya. Hal ini berbeda dengan ayam kampung yang bisa bertelur sampai 40 butir untuk setiap periode. Telur-telur tersebut bisa dierami oleh induknya atau ditetaskan di dalam mesin tetas. Untuk usaha skala kecil, penetasan bisa dilakukan oleh induknya, tetapi untuk usaha berskala besar, terutama peternakan yang menjual anakan (DOC), penetasan dengan mesin tetas dapat mempercepat kapasitas produksinya.
0px;">
Anak ayam menetas setelah dierami oleh induknya selama 21 hari atau sama dengan penetasan menggunakan mesin tetas. Anak ayam yang baru menetas bisa ditempatkan dikandang postal setelah berumur dua hari. Kandang postal anak ayam dilengkapi dengan pemanas yang berfungsi sebagai induk buatan. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengawinkan ayam bangkok adalah tidak mengawinkan saudara sekandung (berinduk sama). Namun perkawinan antara induk (F1) dan anak (F2) masih diperkenankan. Begitu juga dengan perkawinan antara induk (F1) dan cucu (F3).

ilmu bobotoh

1. Milih lawan kalah sehat,kalah otot ,menang tanding...meskipun kadang ada beberapa karakter ayam yg minta kalah tading sikit.
2. Masuk air pertama kolokin leher ayam dengan bulu yang sudah dicelup ke air tapi jangan dikeringkan nanti tenggorokan ayam bisa luka.Dikolokin sampai dahaknnya bersih...bisa 2 sampai 4 kali tergantung kebutuhan,kemudian beri minum secukpnya dan jangan terlalu banyak, basuh muka dengan busa yang basah, basuh leher dengan busa basah, basuh dada depan, samping kanan dan kiri benar2 basah, basuh bawah pantat ayam dan pangkal ekor serta bagian bawah benar2 basah , basuh bagian atas atau punggung ayam benar2 basah tapi perlu diingat sayap usahakan jangan terkena air sedikitpun,kemudian dilap sampai tidak ada lagi air yg menetes,kemudian ayam dilepas atau dianginkan.
3. masuk air 2, pijat bagian2 ayam yang terkena serangan dengan lembut dan yang terkena serangan cukup diusap dengan busa kering yg sudah diperas dengan lembut, ayam tidak perlu basah
4. Bila ayam tipe tampar maka waktu gecol ayam agak jauh dan kita tarik kebelakang paling tidak kita dapat bonus,dan bagi ayam tidak punya tampar maka waktu dicol langsung dekatkan ayam serapat2nya....
5. Bila ayam kita mati sebelah , maka waktu ngecol maka usahakan pada sisi yg hidup pukulannya misal ayam mati sebelah kiri maka ngecol dari arah lawan sebelah kanan begitu juga sebaliknya( berlaku juga dengan ayam yang telah buta atau mata mulai tersambar)
6. Jangan coba2 membasihi bagian ayam yang parah atau lembam bisa masuk angin bagian lembamnya malah memperparah
7. Bila ayam terlalu parah, misal dekat mata , leher atau kepala bisa kita hisap atau (cupang hehehe)bila sudah sangat bengkak sehingga sangat mengganggu pertarungan gigit bagian yng bengkak atau gores dengan pisau kecil untuk mengurangi bengkak(tapi hati2 bagi yg belum pengalaman bisa bahaya)
8. Usap bagian luka dengan busa yang keringa dan diberi napas biar hangat.
9. Bila ayam tidak ada pukulan lagi atau gak sanggup mukul lagi bisa kita angkat

Peserta Papaji Marunda 29 jan 2012

Rabu, 27 Maret 2013

Ciri dan perawatan ayam turun urat


Sebagai pemelihara ayam pasti kalian tidak asing lagi dengan salah satu penyakit ayam ini, yaitu turun urat. penyakit ini menyerang pada kaki ayam yang mengakibatkan ayam tidak bisa dengan menopang tubuhnya sendiri dan pastinya akan pincang. dan bagi kalian yang belum tahu tentang penyakit ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai ciri dan perawatan ayam yang terkena penyakit turun urat.

Ciri-ciri ayam yang terkena penyakit turun urat
1. Sehabis diadu kaki ayam akan terasa panas, bisa diraba untuk merasakannya.
2. Kakinya suka diangkat sebelah.
3. Saat berjalan kaki terlihat pincang.
4. Tidak mau bertumpu pada kaki yang terkrna penyakit turun urat.

Cara perawatan ayam yang terkena penyakit turun urat
1. Setiap hari kaki ayam dibungkus dengan kain yang didalamnya terdapat tumbukan daun sere.
2.Sebelum mengganti kain, kaki ayam direndam dulu dalam air es hingga beberapa menit
3. Diberi obat reumatik atau sejenisnya.
Di usahakan kaki ayam dapat menginjak tanah.