Senin, 25 Maret 2013

Jamu Untuk Ayam Bangkok Laga

sama seperti manusia, ayam bangkok juga butuh jamu agar stamina konstan saat bertarung. Tidak mudah lelah dan pukulan tetap stabil.
secara fisik, ada ciri ayam bangkok yang memiliki pernafasan bagus. Yaitu ayam bangkok yang jarak tulang dadanya dengan supit hanya satu atau dua jari. Saat bertarung ayam dengan ciri ini umumnya tidak mudah lelah. Jika jaraknya sampai tiga jari, ayam kebanyakan mudah ngellak. Ciri kedua, bentuk rabun dibawah burit ayam agak datar tidak kendur seperti betina mau bertelur. Untuk jamu tahan nafas, cukup diberi satu butir kuning telur ayam kampung atau bebek dicampur bubuk kopi secukupnya. Lalu disepet ke mulut ayam.

Jamu kuning telur plus kopi ini sering juga digunakan para pengadu burung dara. Fungsinya sama agar burung dara punya nafas yang baik. Jamu ini cukup diberikan seminggu atau dua minggu sekali. Untuk melihat hasilnya, ayam dijemur di panas yang terik, apakah cepat ngellak lelah atau tidak.

Kedua jamu agar stamina ayam bangkok baik. Yaitu kuning telur dicampur kunyit dan kuncih secukupnya.

Ketiga jamu agar kandungan lendir dalam leher ayam bangkok berkurang yaitu rebuskan daun sirih 10 lembar atau lebih. Kemudian dijadikan minuman ayam bangkok minimal dua kali sehari. Minuman air rebusan daun sirih ini sering digunakan pecinta ayam begisar supaya suara tetap lantang dan lendir berkurang.

Keempat jamu ayam cacingan. Yaitu biji buah pinang muda ditumbuk halus dan dicampur gula merah seujung kuku, tidak boleh kebanyakan. Jika memang cacingan, biasanya beberapa menit setelah diberi ayam langsung beol dan yang keluar seperti mie instan rebus dari pantatnya. Kalau sudah keluar langsung dimusnahkan karena bila dibiarkan biasanya ayam akan mematuknya kembali. Ciri ayam cacingan biasanya dari matanya selalu muncul busa atau buih. Jamu ini cukup sekali saja.

Kelima nafsu makan ayam. Di Madura biasanya dikasih seruas temu ireng yang diparut lalu disuapkan ke mulut ayam. Jamu ini cukup tiga hari sekali atau sepekan sekali. Jika terlalu sering, malah membuat ayam down atau kurus dan lemas.

Keenam obat ayam bangkok yang matanya kena jalu yaitu bersihkan lebih dahulu mata yang luka, lalu ditetesin getah daun ubi rambat yang masih muda. Biasanya tiga hari sudah sembuh.

Info jamu ini hasil tanya kanan-kiri lebih dari 20 orang penyabung ayam di Bangkalan Madura. semoga bermamfaat. Salam........

0 komentar:

Poskan Komentar