Wednesday 27 March 2013

Usaha Ternak Ayam Aduan (Ayam Petarung)

Beternak Ayam aduan merupakan salah hobi yang dapat menghasilkan tambahan bagi keuangan. Ayam aduan dari semasa saya kecil hingga saat ini tiada matinya, terlihat dari banyaknya penggemar ayam aduan baik untuk sekedar pajangan (klangenan) atau pun untuk adu kekuatan ayam.  Untuk memulai beternak ayam Aduan alangkah lebih baiknya anda mensurvey Kriteria ayam yang jadi kegemaran para bobotoh disekitar anda. Atau lebih gampangnya jenis ato tipe ayam yang sedang naik daun , karena disetiap daerah bisanya terdapat jenis ayam tertentu yang sedang dicari2. Untuk mencari aman sebaiknya kita dapat menentukan kriteria umum  yang banyak digemari misalnya memiliki teknik yang baik, pukulan yang keras dengan postur tubuh yang bagus.

Hal lain yang perlu digaris bawahi adalah pemilihan pacek berkuwalitas lebih baik lagi jika sudah teruji di gelanggang (mempunyai rekor win yg baik). Memang untuk pacek yag memiliki rekor biasanya agak mahal apa lagi sudah win berkali-kali, namun ini akan menambah kepercayaan konsumen untuk membeli kuthuk(anakanya). Selain itu babon pendamping sebagai pewaris keturunan harus yang berkwalitas. Lebih jelasnya dapat dibaca pada artikel Memilih BabonSebelum Beternak. Dengan pacek dan biang babon berkwalitas biasanya anakan F1 akan memiliki nilai jual yang lebih baik disbanding dengan pacek dan babon yang asal-asalan.

Satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina. Perkawinan juga bisa dilakukan secara inseminasi buatan, tetapi cara ini jarang dilakukan karena cara perkawinan alamiah terhitung cukup gampang dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membeli peralatan inseminasi. induk yang telah dikawinkan akan bertelur seminggu setelah dikawinkan. Induk betina ayam bangkok bertelur terbatas, Telur-telur tersebut bisa dierami oleh induknya atau ditetaskan di dalam mesin tetas. Untuk usaha skala kecil, penetasan bisa dilakukan oleh induknya, tetapi untuk usaha berskala besar, terutama peternakan yang menjual anakan (DOC), penetasan dengan mesin tetas dapat mempercepat kapasitas produksinya.telur akan menetas setelah dierami oleh induknya selama 21 hari.

Keuntungan usaha ternak ayam Aduan berkwalitas.
*Keuntungan yang didapat besar apalagi hasil ternak tersebut bisa menang dalam sabung
*Pasar tebuka lebar selain penghobby
*Bila hasil tidak sesui dengan yang di inginkan masih bisa dijual ke pasar sebagai ayam potong.
*Dalam mencari pekan tidak sulit karena sudah tersedia di toko – toko

Kelemahan Usaha ternak ayam bangkok.
*Bisa dilakukan dengan modal kecil, sehinga cepat balik modal BEP
*Perawatan gampang2 susah, bagi penghobi ini menyenangkan
*Hewan unggas mudah terserang penyakit, begitu juga dengan ayam Aduan
*Sering terjadi pencurian terhadap ayam.
*Hasil usaha ternak ayam bangkok banyak yang betina dari pada pejantan.

Demikian urainan singkat tentang beternak ayam aduan semoga bermanfaat
Salam petok……petok,,

1 comment:

  1. ayo bergabung dengan Bolavita banyak bonus2 paling menarik
    dan tanpa ribet syarat cuma depo dan langsung di berikan
    Proses depo wd secepat kilat buktikan sendiri ^^ adu ayam jago

    info lebih lanjut:

    WA: +628122222995

    ReplyDelete